Identitas Buku

v  Judul               : Puing

v  Pengarang       : (Kolaborasi 9 Pengarang) Anna Budiastuti, Arief Hamdani, Bondan Winarno, Gredika Noor Hanes, Irvan Sjafari, Priatna Ahmad Budiman, Suzana Widiastuti, Suzana Hadjarati, dan Violeta Narcissus.

v  Penerbit           : The BeBoP Publishing

v  Cetakan I        : Februari, 2005

v  Tebal               : xi + 286 ha

Novel Puing merupakan sebuah novel yang unik dan menjadi sebuah terobosan baru dalam dunia sastra negeri kita. Novel yang dibuat berdasarkan kolaborasi tulisan 9 orang pengarang (Anna Budiastuti, Arief Hamdani, Bondan Winarno, Gredika Noor Hanes, Irvan Sjafari, Priatna Ahmad Budiman, Suzana Widiastuti, Suzana Hadjarati, dan Violeta Narcissus) yang mempunya alur pemikiran yang berbeda dan daya imajinasi yang berbeda pula, selain itu novel ini juga lahir dengan memanfaatkan sebuah dunia virtual yang mempertemukan kesemua pengarang tersebut. Dari lorong-lorong internet terlahirlah sebuah rangkaian kisah dengan logika dan semiotika digital, memberikan nuansa dan rasa baru dan menciptakan sebuah genre sastra baru di negeri ini yaitu sastra cyber.

Sinopsis Cerita

         Maia adalah seorang lesbian, Maia mengakhiri profesinya sebagai pecatur handal karena kekasihnya meninggal. Namun, ketika cinta mulai bersemi kembali di hati Maia, dirinya harus mati karena ledakan bom milik teroris disebuah hotel kawasan Kuningan Jakarta. Maia mencintai kalyana, yang juga seorang pecatur muda namun sudah berhasil memperoleh gelar pemain terbaik pada sebuah kejuaraan  nasional. Namun sesungguhnya, Kalyana berbeda dengan Maia, sebab Kalyana sempat jatuh hati pada Yana, lawan tandingnya.
 
         Itulah salah satu cerita dari beberapa cerita berbeda dari kisah-kisah para tokoh dalam novel Puing. Masing masing cerita memiliki tokohnya sendiri dan kisah-kisahnya sendiri. Namun ada satu kesamaan dari semua cerita tersebut adalah after_life (kematian). Atas dasar pengalaman-pengalaman para tokoh, yang memiliki orang terdekat yang meninggal, berkumpulah mereka dalam sebuah mailing list bernama after_life. Di milis (mailing list) inilah mereka berjumpa maya, saling berkenalan di dunia virtual, dan berbagai cerita tentang kematian.
 
         Membaca Puing, kita tidak harus memulainya dari halaman depan bab pertama, selayaknya membaca novel lain. Puing adalah sejenis kumpulan cerpen dari sembilan pengarang yang kebetulan memiliki tema yang sama dan bertemu di milis after_life. Pembaca dapat membacanya terbalik, dari belakang, bab terakhir, lalu berurut kedepan bab pertama. Atau secara acak dari tengah lalu meloncat ke bab mana saja. Ini seperti  dunia matriks. Namun meski demikian, keberagaman itulah yang membuat novel ini berbeda dan menarik dan pembaca tetap bisa merangkumnya sebagai satu kesatuan cerita novel. J

Tokoh dalam Cerita

Tokoh-tokoh dalam novel ini adalah mereka yang ceritanya tergabung dalam suatu milis bernama after_life, milis tersebut mengumpulkan orang-orang yang sama-sama mempunyai kegelisahan akan esensi kematian. Berikut dibawah ini adalah nama tokoh-tokoh dari novel Puing:

v  Kalyana

Seorang pecatur wanita muda yang berkeinginan kuat untuk menjadi pecatur wanita senior yang sukses. Kalyana adalah seorang lesbi.

v  Maia

Seorang mantan pecatur wanita, hal yang membuat dirinya mengundurkan diri yaitu karena kematian kekasihnya sehingga membuat dirinya menjadi hancur. Maia sama seperti kalyana adalah seorang lesbi, dan maia pun menyukai kalyana.

v  Azumi

Seorang Doktor yang ahli dalam bidang biologi molekular, sangat terobsesi untuk bisa mengendalikan kematian manusia.  Kematian ibu dan adiknya saat dia masih anak2-lah yang memicunya menjadi seperti itu.

v  Delon

Seorang sutradara muda yang baru saja gagal mengangkat film kolosalnya yang memvisualkan kejadian kiamat. Dalam keterpurukan dia bergabung dalam suatu sekte Persaudaraan Akhir Zaman dan terjebak didalamnya.

v  Ditto

Ditto, anak muda dengan kemampuan spiritual yang mampu membaca dan memasuki alam gaib. Mampu menangkap jin yang merasuki seseorang, tapi tidak mampu menyembuhkan penyakit neneknya tercinta. Mimpi tentang saudara kembarnya, yang dia tahu sudah meninggal sejak kecil, membuatnya tambah resah.

v  Ayala

Cerita yang sangat menyentuh tentang seseorang yang rela mengorbankan kehidupannya bagi orang yang ia kasihi. Dirga, sahabat Ayala, positif mengidap HIV. Dan seseorang yang sangat mencintai Dirga rela mengambil resiko untuk memberikan kebahagiaan bagi Dirga di sisa hidupnya.

v  Dani

seorang pemuja cinta, jatuh hati kepada Dini dalam perjalanan London-Paris. Tapi sejak awal Dini tidak ingin Dani terpikat kepadanya. Dalam kekecewaannya, akhirnya Dani melabuhkan cintanya kepada Yang Lebih Berhak.

v  Odith

Odith adalah orang yang sangat bersahabat, Odit selalu berpasangan dengan Kara, dan mereka berdua berteman baik. Berdua mereka sering berdiskusi tentang kematian, nasib, dan peluang dalam hidup.