1.  Teknik Informatika

Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka juga yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, saat ini kita sudah mengenal baik fasilitas Internet dan World Wide Web, yang tidak akan terwujud tanpa kemajuan di sub-bidang ilmu komputer seperti jaringan komputer (computer networking), basis data (database), serta interaksi manusia komputer. Saat ini, ilmuwan komputer menggunakan teknologi komputer untuk pengembangan robot yang cerdas, pemodelan DNA manusia, serta pembuatan program yang dapat memahami berbagai data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video. Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika.

  • Dari sisi kompetensi kurikulum,

Teknik Informatika mengarah pada bidang-bidang ke-teknik-an (engineering) atau rekayasa (terapan) dalam bidang teknologi piranti keras komputer (hardware), teknologi pengembangan piranti lunak (software), dan teknologi informasi. Oleh karena itu Teknik Informatika sangat tepat berada dalam domain Fakultas Teknik.

  • Dari sisi gelar akademik

Teknik Informatika (FT) menghasilkan gelar akademik Sarjana Komputer (S.Kom) dan Teknik Informatika lebih menekankan pada bidang rekayasa (terapan/aplikasi) komputer. (Lie)

2.  Teknologi Informasi
Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitator utama bagi kegiatan–kegiatan bisnis, memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan manajemen organisasi. Berkat teknologi ini, berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh manusia, misalnya pengambilan uang melalui ATM, transaksi melalui internet yang dikenal dengan e-commerce atau perdagangan elektronik, transfer uang melalui fasilitas e-banking yang dapat dilakukan dari rumah, dan lain-lain. Seorang lulusan teknologi informasi diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.
3. Sistem Informasi
Sistem informasi merupakan suatu bidang study yang mempelajari tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Seorang lulusan sistem informasi diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.

  • Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)

Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

  • Bodnar dan HopWood (1993)

Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

  • Alter (1992)

Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.

4. Sistem Komputer
Sistem komputer merupakan suatu bidang study yang mempelajari tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antarbagian tersebut. Seorang lulusan sistem komputer diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

5. Software – Engineering
Software – engineering merupakan suatu bidang study yang mempelajari tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna. Seorang lulusan software – Engineering diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

sumber:

http://duniatik.blogspot.com/2008/02/pengertian-teknologi-informasi-dan.html

http://blog.re.or.id/konsep-dasar-sistem-informasi-definisi-sistem-informasi.htm

http://radensomad.com/pengertian-sistem-komputer.html

About these ads